Inilah Tempat Yang Paling Mulya Melebihi Daripada Ka’bah

HJF

GBDGS

Muslimedianews.com ~ Dimanakah tempat dimuka bumi ini yang paling mulya?. Ternyata ulama telah menyatakan dan mereka juga telah bersepakat bahwa tempat yang paling mulya di permukaan bumi ini adalah tempat yang disana ada jasad manusia paling agung dialam semesta ini.

وأجمعوا على أن الموضع الذى ضم أعضاءه الشريفة- صلى الله عليه وسلم- أفضل بقاع الأرض، حتى موضع الكعبة، كما قاله ابن عساكر والباجى والقاضى عياض، بل نقل التاج السبكى كما ذكره السيد السمهودى فى «فضائل المدينة» عن ابن عقيل الحنبلى أنها أفضل من العرش، وصرح الفاكهانى بتفضيلها على السماوات ولفظه: وأقول أنا وأفضل من بقاع السماوات أيضًا، ولم أر مَنْ تعرَّض لذلك.
“Ulama telah berijma’ bahwa tempat yang dihuni oleh jasad Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam adalah paling mulyanya tempat dipermukaan bumi, bahkan Ka’bah sekalipun. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu ‘Asakir, (Abul Walid) al-Baji dan al-Qadli ‘Iyyadl (dengan lafadh “tempat kubur Nabi”), bahkan Tajuddin al-Subki menukil sebagaimana disebutkan oleh al-Sayyid al-Samhudi didalam kitab Fadloilul Madinah dari Ibnu ‘Aqil al-Hanbali bahwa “Tempat yang dikuburkan (qubira) jasad al-Musthofa Saw. juga lebih mulya daripada ‘Arsy”.  Al-Fakihani memperjelas tentang kemulyaannya atas seluruh langit dengan lafadhnya: Aku berkata yaitu aku: “dan juga lebih mulya dari seluruh langit, dan aku tidak melihat ulama yang mengingkari yang demikian”.

Disebutkan dalam kitab al-Mawahib al-Ladunniyah bil Minahil Muhammadiyah karya Syihabuddin al-Qasthalani (w 923 H) dan kitab Syarahnya karya Az-Zarqani al-Maliki. Dalam kitab itu terdapat isykal bahwa kemulyaan tempat karena adanya aktifitas amal (berpahala) disana sedangkan tidak mungkin beramal didalam qubur tersebut, kemudian hal itu disanggah oleh al-Qarafi, bahwa kemulyaan bisa juga karena kedekatan dan menempelnya sesuatu sepertinya halnya sampul mushhaf (al-Qur’an) yang lebih mulya daripada sampul-sampul lainnya sehingga orang yang berhadats pun tidak boleh menyentuhnya, bukan hanya karena banyaknya pahala.

Syaikh Nuruddin al-Hallabi didalam al-Sirah al-Halabiyyah juga menerangkan:

وقام الاجماع على أن هذا الموضع الذي ضم أعضاءه الشريفة صلى الله عليه وسلم أفضل بقاع الأرض حتى موضع الكعبة الشريفة قال بعضهم وافضل من بقاع السماء أيضا حتى من العرش
“Ulama telah berijma’ bahwa tempat yang dimakamkan padanya jasad Rasulullah Saw. merupakan tempat paling mulya diseluruh bumi, bahkan lebih mulya dari Ka’bah al-Syarifah. Sebagian ulama berkata: bahkan lebih mulya dari seluruh langit hingga ‘Arsy sekalipun”

Oleh : Ibnu L’ Rabassa

Kunjungi http://www.facebook.com/muslimedianews Sumber MMN: http://www.muslimedianews.com/2015/03/inilah-tempat-yang-paling-mulya.html#ixzz3TkyD9pFR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s